PENGGUNAAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMPERTAHANKAN RETENSI MAHASISWA TERHADAP MATERI EMBRIOLOGI PADA PERKULIAHAN PERKEMBANGAN HEWAN

Authors

  • Rufa Hera STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v8i1.281

Keywords:

Retensi, embriologi, perkembangan hewan.

Abstract

Embriologi merupakan bagian dari materi perkuliahan Perkembangan Hewan. Ruang
lingkup materi yang luas, banyaknya penggunaan istilah, serta konsep yang abstrak
menjadikan mahasiswa sulit mengingat konsep-konsep penting pada materi embriologi.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat retensi mahasiswa terhadap materi embriologi
dengan adanya penggunaan handout dalam pembelajaran. Retensi mahasiswa dilihat dari
pengukuran daya retensi melalui tes retensi. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Mei
sampai Bulan Juli 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat retensi mahasiswa
dengan adanya penggunaan handout dalam pembelajaran embriologi mencapai persentase
retensi 85% dengan kriteria retensi sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah handout
pembelajaran embriologi berbasis kontekstual mampu mempertahankan retensi
mahasiswa terhadap materi embriologi pada Perkuliahan Perkembangan Hewan.

Downloads

Published

2023-05-20