PENERAPAN MODEL PBL BERBANTU FLIP BOOK BERMUATAN JEMBATAN KELEDAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM SARAF

Authors

  • Dewi Sartika Universitas Pakuan
  • Lina Sugiarti Universitas Pakuan
  • Dina Dyah Saputri Universitas Pakuan
  • Tanti Kusumayati Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.265

Keywords:

penelitian tindakan kelas kolaboratif

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas kolaboratif ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi sistem saraf melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu flip book bermuatan jembatan keledai pada materi sistem saraf. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN 7 Bogor tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes formatif (kuis) didukung penilaian unjuk kerja, penilaian sikap dan keterampilan peserta didik, serta penilaian keterlaksanaan pembelajaran untuk menilai penerapan PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian keterlaksanaan pembelajaran (termasuk sintak PBL) berkategori sangat baik. Rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat dari 67 di siklus I menjadi 82 di siklus II dengan jumlah peserta didik yang lulus KKM sebanyak dari 42,86% di siklus I menjadi 78,125% di siklus II. Berdasarkan hasil tafsiran N-gain, didapat hasil belajar berkategori sedang (baik) dan jumlah peserta didik yang mencapai KKM sudah mencapai target penelitian yaitu 76% dalam 2 siklus sehingga tidak diperlukan tindakan di siklus berikutnya. Peningkatan hasil belajar ini juga didukung oleh penilaian hasil belajar kognitif penugasan LKPD yang berkategori baik, hasil penilaian sikap (afektif) yang berkategori baik, serta hasil penilaian keterampilan (psikomotor) yang berkategori sangat baik. Maka penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu flip book bermuatan jembatan keledai terbukti baik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem saraf.

Downloads

Published

2023-09-02