PENGGUNAAN LEMBARAN KERJA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 14 BANDA ACEH

Zainal Abidin Suarja

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembaran Kerja Siswa terhadap peningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 14 Banda Aceh yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: lembar kerja siswa, tes, observasi, catatan lapangan serta rencana pelaksanaan tindakan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa; lembaran kerja siswa berfungsi mempermudah siswa dalam memahami materi-materi yang akan disampaikan oleh guru serta dapat melatih siswa berpikir secara sistematis, melatih siswa untuk mengemukakan pendapat secara tertulis, dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru; LKS yang rumit menyebabkan siswa tidak bisa memahami dengan sempurna materi yang diajarkan serta terfokus pada penyelesaian LKS yang kurang mereka pahami, pada siklus I pembelajaran berjalan hampir sama seperti tanpa menggunakan LKS, pada LKS yang ideal guru hanya sebagai fasilitator pembelajaran, siswa dengan aktif saling berdiskusi mengenai hasil pengamatan mereka yang dituangkan di LKS. Nilai hasil belajar rata-rata tiap siklus juga meningkat naik setiap pembelajarannya yaitu 66.33, 75,66 dan 85.83.

 

 

Kata Kunci: Lembaran Kerja Siswa (LKS), Virus, Hasil Belajar Siswa

 


References


Dahar, Ratna W. 1998. Teori Teori Belajar. Jakarta. Proyek P2LPTK.

Darmojo, H dan Y. R. E Kaligis, 1985. Buku Materi Pokok ( 4 s.d. 6) Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta. Karunia..

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Firman, Harry. 2007. Efektifitas, Riset Sumber Daya Manusia. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Hartarti, L. 2002 Keefektifan Pembelajaran dengan Penggunaan Alat Peraga dan Lembaran Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Pokok Bahasan Bangun Segiempat pada Siswa Kelas VII Semester 2 di SMP Muhamadiyah Margasari Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2005/2006. Skripsi. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Hendro, Darmojo dan Kaligis, Jenny RE. 1993. Pendidikan IPA-2. Jakarta. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dirjen PT, Depdikbud.

Hidayah, Isti, dkk. 2007. Workshop Pendidikan Sains 2. Semarang: Jurusan Matematika UNNES.

Indrianto, Lis. 1998. Pemanfaatan Lembaran Kerja Siswa Dalam Pengajaran Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika. Semarang: IKIP Semarang.

Poerwodarminto, W. J. S. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmawati, Laili. 2006. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Salafiyah Pekalongan Kelas VII Semester II Tahun 2005/2006 dalam Pembelajaran Garis dan Sudut Melalui Implementasi metode Inkuiri dengan Memanfaatkan Lembaran Kerja Siswa (LKS) (Skripsi). Tidak diterbitkan.

Said, Sugandi. 1991. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.

Sartika, Dewi. 2008. Peran Lembaran Kerja Siswa (LKS) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Suyitno, Amin, dkk. 1997. Dasar dan Proses Pembelajaran Sains. Semarang: FMIPA Unnes.

Sudirman. 1999. Prestasi Belajar Siswa Aktif. Jakarta. Jemmars.

Wikipedia (2010). Tumbuhan.. http://id.wikipedia.org/wiki/tumbuhan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi