PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MBKM

Authors

  • Izwar Universitas Teuku Umar
  • Dian Kristanti STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i1.179

Keywords:

Project based learning (PJBL), kemampuan menulis artikel ilmiah, motivasi belajar mahasiswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah dan efektifitas penerapan metode Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan motivasi belajar dalam penyusunan artikel ilmiah.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas 01 angkatan 2020 Program Studi Agroteknologi berjumlah 18 orang. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu peningkatan kemampuan menulis artikel dan motivasi belajar mahasiswa. Ada dua instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes kognitif siswa berupa pretest dan posttest untuk melihat peningkatan kemampuan menulis artikel, dan hasil kuesioner untuk melihat peningkatan motivasi belajar mahasiswa. Perbedaan peningkatan prestasi dalam hal ini kompetensi mahasiswa dengan penerapan metode PJBL didapatkan perbedaan siginifikan pengetahuan mahasiswa dalam proses penyusunan karya ilmiah. Hal ini dilihat dari hasil pretes sebesar 440 dan posttes sampel sebesar 1.440. Sedangkan Penerapan metode PJBL dapat meningkatkan motivasi ARCS dalam penyusunan artikel ilmiah pada sampel didapatkan sebanyak 10 responden/mahasiswa (55%) menyatakan tingkat motivasi mahasiswa dalam kriteria tinggi, sebanyak 8 mahasiswa (44,44%) berada pada tingkat motivasi sedang, dan tidak ada mahasiswa yang termasuk kategori motivasi rendah. Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata antara motivasi belajar mahasiswa setelah penerapan metode PJBL yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Downloads

Published

2023-03-31