OPTIMALISASI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT BERBASIS DIGITAL TIMER PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA

Authors

  • Dwi Fauzi Rachman Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universtas Wiralodra
  • Lissa Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universtas Wiralodra
  • Nur Subkhi Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universtas Wiralodra
  • Idah Hamidah Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universtas Wiralodra
  • Eva Yuliana Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universtas Wiralodra
  • Septianani Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universtas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v10i1.154

Keywords:

Optimalisasi, Strategi Learning Tournament, Digital Timer, Pembelajaran Biologi.

Abstract

Pembelajaran di kurikulum 2013 berpusat pada siswa dan dituntut aktif agar perhatian siswa fokus pada proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang ditentukan tercapai. Pembelajaran biologi di SMA dan IPA di SMP umumnya masih menggunakan pembelajar konvensional (teacher center) sehingga siswa cenderung tidak aktif pada saat pembelajaran dan berpengaruh pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tipe pembelajaran aktif dan mengetahui cara penerapan strategi learning tournament berbasis digital timer dalam pembelajaran Biologi di SMA. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan cara pengumpulan dokumen dari berbagai pustaka yang relevan. Teknik analisis datanya, yaitu: 1) data collection (pengumpulan data), 2) data reduction (reduksi data), 3) data display (penyajian data). Hasil penelitian (analisis dan sintesis), diperoleh: 1) Gambaran tipe pembelajaran aktif dalam pembelajaran biologi di SMA yaitu dengan menggunakan strategi learning tournament berbasis digital timer yang diharapkan dapat mengaktifan siswa dan berdampak pada hasil belajar yang optimal, motivasi belajar, dan sosial tingkat tinggi, 2) Gambaran cara penerapan strategi learning tournament berbasis digital timer dalam pembelajaran biologi di SMA melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1) Guru menjelaskan tahapan dan atau aturan pembelajaran, 2) Pembagian kelompok (acak dan heterogen), 3) Bagikan materi ajar dan lembar tugas (LKPD), 4) Guru membuat/ sudah mempersiapkan soal pada power point yang telah disetting menggunakan digital timer, infokus dan layar infokus, serta speaker sound untuk menguji pemahaman/ pengetahuan dari hasil tugas (pada tahap ke-3), 5)  Guru memberikan pertanyaan kepada siswa (bentuk dan durasi waktu soal, disesuaikan/ kondisional), 6) Setelah pertanyaan diberikan, siswa rebutan menjawab dengan teknik angkat tangan,  kemudian tugas guru menjelaskan materi tersebut, 7) Aturan penskoran yaitu ketika siswa memperoleh jawaban yang benar memperoleh skor 100 poin, sedangkan jika salah skor dikurangi 50 poin dan untuk jawaban benar soal lemparan diberikan skor 50 poin, jika salah minus 50 poin atau setengahnya (25) (kriteria pensekoran, disesuaikan/ kondisional), 8) Mintalah tim untuk belajar kembali untuk persiapan ronde kedua (jika ada), dan 9) pengumuman pemenang dan reewad.

Downloads

Published

2023-03-31