PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM SOLVING TENTANG MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SMP/MTs

Authors

  • Ennike Gusti Rahmi STKIP Ahlussunnah Bukittinggi
  • Destaria Sudirman STKIP Ahlussunnah Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v9i1.130

Keywords:

Lembar Kerja Siswa (LKS), Berbasis Problem Solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving materi pencemaran lingkungan yang valid dan praktis untuk SMP/MTs.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan adalah mode 4-D yang terdiri dari tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan ((develop) dan penyebaran (disseminate). Tahap penyebaran tidak dilaksanakan karena keterbatasan biaya dan waktu penelitian.Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket praktikalitas. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan dihasilkan LKS pada materi pencemaran lingkungan telah valid dengan persentase 82,76%. Praktikalitas yang diperoleh dari guru dengan persentase 87,3% dan siswa dengan persentase 86,30%. Dengan demikian LKS yang dikembangkan dapat dikatakan valid berdasarkan hasil uji validasi dan praktis berdasarkan hasil uji praktikalitas yang telah dilaksanakan.

Downloads

Published

2022-03-01