PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD CAHAYA PENGHARAPAN ABADI

Authors

  • Saut M. Simamora STKIP Pangeran Antasari
  • Lamtiur Simamora STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v9i1.129

Keywords:

metode eksperimen, hasil belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa khusunya pada tema 6 subtema 3 tentang Panas dan perpindahannya pada siswa kelas V di SD Cahaya Pengharapan Abadi yang beralamat di jl. Veteran pasar 5 Helvetia,merupakan latar belakang dari penelitian ini. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya penggunaaan metode dalam megajarkan materi pelajaran yang membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Minat dan antusias siswa yang kurang memberikan dampak kepada hasil belajar yang diperoleh.Dimana hasil belajar siswa masih tergolong kurang dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkakan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode eksperimen. Dalam penerapan metode eksperimen siswa akan terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan akan lebih memahami materi yang akan dipelajari karena melakukan sebuah praktikum atau percobaan.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Partisipan adalah siswa kelas V SD Cahaya Pengharapan Abadi yang terdiri dari 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar IPA yang diperoleh pada siklus I yaitu 70,8%, kemudian meningkat pada siklus II yaitu 77,2% . Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Cahaya Pengharapan Abadi pada tema 6 subtema 3 tentang Panas dan Perpindahannya. Banyak faktor yang menyebabkan ketidakmampuan siswa dalam menyerap pelajaran yang diberikan guru diantaranya bermula dari proses pembelajaran yang tidak menarik, monoton dan membosankan.

Downloads

Published

2022-03-01