PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SALING

Authors

  • Wita Januarti Universitas PGRI Silampari
  • Yeni Asmara Universitas PGRI Silampari
  • Sarkowi Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i2.89

Keywords:

Model Problem Solving, metode konvensional, dan hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Saling. Metode pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen Murni. Populasinya yaitu siswa seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Saling Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara rondom sampling karena setiap kelas mempuyai kemampuan dan kesempatan yang relatif sama. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan SPSS Versi 16. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan adanya Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Saling. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pre-test pada kelas eksprimen 1 sebesar 64.61 dan pada kelas kontrol sebesar 61.46. Sedangkan nilai rata-rata pos-test pada kelas eksprimen setelah diberi perlakuan pos-test dengan menggunakan model Problem Solving sebesar 86.32 dan pada kelas kontrol yang diberikan pembelajaran metode Konvensional sebesar 70.76. Dengan demikian bearti nilai rata-rata kelas eksprimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Dari hasil data diuji beda rata-rata ( Paired sampel T test ) diperoleh nilai tes akhir di sig.(2-Tailed) = 0,00 < 0,05 maka, Ho ditolak Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas VIII diSMP Negeri 2 SALING.

Downloads

Published

2022-09-12