IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SDN PANNARA KOTA MAKASSAR

Authors

  • Uni Sulastri Syam Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky
  • Jusmawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky
  • R Supardi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky
  • Eka Fitriana HS Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.7

Keywords:

Asesmen Portofolio, Literasi Sains.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan asesmen portofolio pada literasi sains kelas IV SD Negeri Pannara Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini bertempat di SD Negeri Pannara Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA yang terdiri dari 33 siswa. Penelitian ini memiliki variabel x (asesmen portofolio) dan variable y (literasi sains). Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan SPSS. Hasil dari analisis deskriptif dimana aktivitas guru mendapatkan rata - rata 3,6 dan aktivitas siswa 3,7 dengan kategori sangat baik kemudian hasil dari analisis inferensial dimana uji normalitas  0.087, uji homogenitas  0.052 dan hasil uji T 0.001 dari hasil analisis yang didapatkan menunjukkan bahwa penerapan asesmen portofolio berpengaruh terhadap literasi sains siswa kelas IVA SD Negeri Pannara Kota Makassar.

Downloads

Published

2023-03-29