ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) Di SD JORING LOMBANG

Authors

  • Doriamas Tanjung Universitas Terbuka
  • Henra Saputra Tanjung STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Siti Aminah Nababan STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i1.58

Keywords:

Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa, Pendekatan Pembelajaran STEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berfikir kreatif siswa melalui
pendekatan pembelajaran science, technology, engineering and mathematics (STEM) di SD Joring Lombang.
Penelitian ini menggunakan kualitatif. Subjek dalam penelitian disini adalah siswa kelas V dengan jumlah 18
siswa SD Joring Lombang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan
dokumentasi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi, lembar tes dan lembar validasi. Teknik analisis
data dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data dan kesimpulan/varifikasi. Dari hasil penelitian
maka analisis kemampuan berfikir kreatif siswa melalui pendekatan pembelajaran science, technology,
engineering and mathematics (STEM) di SD Joring Lombang, dilihat pada aspek elaboration sebesar 44,44%
. Siswa yang mendapatkan skor 80 sebesar 33,33%, dan siswa yang mendapatkan skor 65 sebesar 22,22%.
Aspek originality sebesar 33,33%. Siswa yang mendapatkan skor 60 sebesar 27,78%, dan siswa yang
mendapatkan skor 45 sebesar 38,89%. Aspek flecibility sebesar 55,56%, siswa yang mendapatkan skor 65
sebesar 33,33% dan siswa yang mendapatkan skor 40 sebesar 11.11% dan aspek fluency sebesar 38,89%.
Siswa yang mendapatkan skor 75 sebesar 16,67%, siswa yang mendapatkan skor 70 sebesar 44,44%.

Downloads

Published

2022-03-07