STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI DI SDN 07 PIMPINAN

Authors

  • Mauizatul Hasanah IAIS Sambas

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i1.50

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Model Inkuiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perencanaan penerapan strategi pembelajaran melalui penerapan model inkuiri; (2) mengetahui pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran melalui penerapan model inkuiri; (3) mengetahui kendala penerapan strategi pembelajaran melalui penerapan model inkuiri. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpualan informasi ialah dengan metode observasi, interview/ wawancara serta dokumentasi. Hasil riset meyakinkan kalau strategi pembelajaran pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial memalui penerapan Model Inkuiri bisa tingkatkan prestasi siswa dalam pelajaran IPS kelas VI SDN 07 Pimpinan. Hasil observasi di lapangan menampilkan kalau pada proses pembelajaran sudah mengalami perubahan setelah diterapkan model inkuiri. Perihal ini bisa dibuktikan dengan pergantian kedatangan ataupun prestasi yang tiap harinya kian bertambah, ditambah siswa lebih aktif serta bergairah dalam proses pembalajaran. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri ini memungkinkan peserta didik mempunyai kedalaman pemahaman terhadap materi yang mereka pelajari, dan secara kontruktif mereka membangun sendiri pengetahuan baru di atas pondasi pengetahuan yang sebelumnya mereka miliki.

Downloads

Published

2022-03-07