PERAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDI KHALIFAH SERANG

Authors

  • Febby Zulyani Universitas Ageng Tirtayasa
  • Indhira Asih Vivi Yandari Universitas Ageng Tirtayasa
  • Damanhuri Universitas Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i1.40

Keywords:

Guru, karakter mandiri, pembelajaran jarak jauh.

Abstract

Penelitian ini dilandasi dari peran guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh yang berbasis penguatan pendidikan karakter mandiri, peran guru dalam proses penguatan pendidikan karakter mandiri melalui pembelajaran jarak jauh, peran guru dalam melakukan evaluasi pendidikan karakter mandiri dalam pembelajaran jarak jauh. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru sudah mampu membuat rencana pembelajaran dengan baik serta dapat menjelaskan indikator-indikator karakter mandiri, dalam proses pelaksanaan penguatan pendidikan karakter mandiri melalui pembelajaran jarak jauh ini dilakukan kegiatan pembelajaran dimulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti hingga kegiatan penutup. Serta dengan melakukan evaluasi penilaian sikap khususnya pada karakter mandiri pada pembelajaran jarak jauh.

Downloads

Published

2022-03-07