PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS V PADA MATERI LINGKUNGAN DI MIN 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA

Izwar Izwar, Dian Kristanti

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Berbasis Proyek  Terhadap Hasil
Belajar Biologi Siswa Kelas V/2 pada Materi Lingkungan di MIN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya.
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yaitu menjelaskan hubungan antar variabel dengan menganalisis
data numerik (angka) menggunakan metode statistik melalui pengujian.  Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta MIN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya yang berjumlah 102 siswa, maka di ambil Sampel
secara random sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V/2  yang berjumlah 23 siswa
dengan melakukan 2 kali penelitian (kelas kontrol dan eksperimen) dengan waktu yang berbeda. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Hasil dari analisis data di antaranya sebagai berikut: rata-rata
nilai postes dalam mengikuti tes pada kelas eksperimen yaitu 78,04, rata-rata nilai postes dalam mengikuti tes
pada kelas kontrol yaitu 69,92.Adanya pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran materi lingkungan di
kelas Eksperimen dengan metode Berbasis Proyek  lebih efektif daripada pembelajaran materi Lingkungan
Di di kelas Kontrol Kelas V/1 MIN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya.


Kata-kata kunci: Hasil belajar, biologi, lingkungan, pembelajaran berbasis proyek.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.