PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PAYA PEUNAGA KABUPATEN ACEH BARAT

Febry Fahreza

Abstract



Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan
ekspositori terhadap hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Penelitian
ini merupakan  penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2 yang mempunyai dua variabel bebas
dan satu variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Paya Peunaga
Kabupaten Aceh Barat yang terdiri atas dua kelas dengan jumlah 76 siswa. Sampel penelitian ditetapkan
kelasV-B yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan kelas V-A yang menggunakan
strategi pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Data
dikumpulkan melalui tes hasil. Untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan
4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 38 soal dengan koefisien reliabilitas 0,92. Uji normalitas
dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Barlett. Kemudian data di analisis
dengan Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian
adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah X = 29,27
lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori X =
27,55.

Kata-kata kunci:  Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar IPS.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.