PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SEUMANTOK KABUPATEN ACEH BARAT

Dian Kristanti

Abstract


Abstrak: Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi geometri bangun ruang dikarenakan metode yang
sering dipakai guru matematika di SD Negeri Seumantok adalah metode konvensional. Hal ini membuat
siswa pasif, bosan, tidak serius, dan ribut dalam belajar sehingga siswa tidak paham dengan materi pelajaran
yang dipelajari. Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw ini dilaksanakan pada kelas V SD Negeri
Seumantok Kecamatan Pante Ceureumen. penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2016. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan model pembelajaran  kooperatif teknik
Jigsaw pada pelajaran Matematika materi geometri bangun ruang berpengaruh terhadap ketuntasan hasil
belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang.
Selain dari itu peneliti juga bertujuan untuk membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran yang
disampaikan guru sehingga tujuan utama tercapai yaitu meningkatkan hasil belajar siswa.. Metode/model
pembelajaran yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw pada
kelas V SD Negeri Seumantok Kecamatan Pante Ceureumen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
V SD Negeri Seumantok Kecamatan Pante Ceureumen dengan jumlah 20 siswa. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis PTK.  
Kata-kata kunci:Penerapan, model, Jigsaw, Meningkatkan, Hasil Belajar Siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.