PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN RMEUNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Siti Aminah Nababan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas perangkat pembelajaran berbasis
pendekatan RME dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD; 2) peningkatan kemampuan
berpikir kritis siswa SD dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan RME; 3) respon
siswa terhadap pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD; 4) proses jawaban yang dibuat siswa dalam
menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D. Populasi  dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Suak Gedebang,pengambilan sampel menggunakan
simple random sampling dan kelas yang dijadikan sebagai sampel untuk uji coba adalah kelas VI-A dan kelas
VI-B. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran memenuhi keefektifan,
efektivitas ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan
c) waktu pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan perangkat
pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik; 3)  respon siswa terhadap komponen-komponen
perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran adalah positif; 4) proses jawaban siswa pada uji coba II
lebih baik dari uji coba I. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran
berbasis pendekatan RME sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan
yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang
diberikan.

Kata-kata kunci: Pendekatan RME, Kemampuan Berpikir Kritis dan model 4-D.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.