PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI PAYA PEUNAGA KECAMATAN MEUREUBO

Authors

  • Agustina Putri STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Mardhatillah STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v6i1.26

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Lokasi dalam penelitian ini adalah di SD Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Paya Peunaga. Sedangkan sampelnya diambil kelas VA sebagi kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian berupa hasil tes yang diberikan kepada kedua kelas dengan soal yang sama, Setelah semua data dikumpulkan peneliti melakukan analisis data. Analisis data yang pertama kali dilakukan yaitu uji prasyarat yang meliputi uji homogenitas dan uji normalitas data. Setelah dilakukan uji prasyarat kemudian dilakukan uji hipotesis, yaitu menggunakan uji t kemudian nilai hasil tes tersebut diolah dengan menggunakan uji–t score. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji–t score pada taraf signifikan

Downloads

Published

2019-03-31