UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI

Suci Perwita Sari

Abstract


Abstrak :Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA. Hipotesis pada penelitian ini adalah dengan menggunkan metode Simulasi pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian terdapat beberapa hal yaitu Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode simulasi menunjukkan pada prestes sebelum melaksanakan tindakan, dari 30 orang dinyatakan tuntas sebesar 20 % dengan nilai rata – rata 47,2. Perolehan hasil belajar pada siklus I dari 30 siswa terdapat 15 siswa dinyatakan tuntas atau sebesar 50 %, sedangkan 15 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 50 %, dengan nilai rata-rata 66,5. Sedangkan perolehan hasil belajar pada siklus II dari 30 siswa terdapat siswa dinyatakan tuntas dengan persentase 76,7 %, sedangkan 7 siswa tidak tuntas dengan persentase 23,3 %, dengan nulai rata-rata sebesar 76,4.

Kata – Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Simulasi, Hasil Penelitian

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta

Fahreza, F dan Junikar. 2018, Implementasi Pendekatan Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Dan Karakter Siswa Di Kelas IV SD Negeri Paya Peunaga. Jurnal Genta Mulia Volume IX No. 2 Juli 2018

N. K, Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Solihatin, Etin. 2005. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Tanjung, H.S & Nababan, S.A (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik, Vol. 1. No. 1, 2018

Tanjung, H.S & Nababan, S.A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika berorientasi model pembelajaran Berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan Kemampuan berpikir kritis siswaSMA se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, Vol. IX. No. 1, 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.