PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 104188 MEDAN KRIO TAHUN AJARAN 2017/2018

Ekofebri Syahputra Siregar

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajarkan dengan model Project Based Learning dan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ekspositori; (2) Perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan model Project Based Learning dan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan menggunakan model ekspositori; (3) Perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan model Project Based Learning dan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan menggunakan model ekspositori; (4) Interaksi antara Model Project Based Learning dengan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104188 Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang dengan populasi seluruh siswa kelas IV sebanyak 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A dan Kelas IV B yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Adapun instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar, angket motivasi belajar dan daftar ceklist penilaian proyek. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik ANAVA dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar kelompok siswa yang diajarkan dengan model project based learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar pada kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ekspositori dengan nilai FHitung = 6,41 > Ftabel = 3,99; (2) hasil belajar kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan model project based learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan menggunakan model ekspositori dengan nilai Fhitung = 13.93 > Ftabel = 2.74; (3) hasil belajar kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan model project based learning tidak lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan menggunakan model ekspositori dengan nilai menunjukkan Fhitung = 0.01 < Ftabel = 2.74; (4) terdapat interaksi antara model project based learning dan motivasi belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa dengan nilai FHitung = 4,37 > Ftabel = 3,99.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Bell, Stephanie. 2010. Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House, 83: 39–43, Copyright C_ Taylor & Francis Group, LLC ISSN: 0009-8655 print. DOI: 10.1080/00098650903505415 (online)

Dimyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fahreza, F dan Rahmi, R, 2018 Peningkatan keterampilan sosial melalui metode role playing pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik. Volume 5 No 1 ISSN :2355-3774. Tahun 2018

Fahreza, F dan Junikar. 2018, Implementasi Pendekatan Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Dan Karakter Siswa Di Kelas IV SD Negeri Paya Peunaga. Jurnal Genta Mulia Volume IX No. 2 Juli 2018.

Fahreza, F dan Husna, N, 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik Volume 4 No.2 September 2017

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan . 2014. Model Pembelajaran Berbasis Proyek/ Project Based Learning.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Nurgayah. 2011. Strategi & Metode Pembelajaran. Bandung: Citrapustaka Media Perintis

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Sardiman.2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Tanjung, H.S & Nababan, S.A (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik, Vol. 1. No. 1, 2018

Wahidmurni, Alifin Mustikawan, dan Ali Ridho. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.