PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Indah Pratiwi

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA di kelas V. Penelitian ini dilakukan di SD yang berjumlah 21 orang siswa. Penelitian ini sangatlah diperlukan dalam menerapkan pendekatan kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA. Data yang diperoleh meliputi, test dan lembar observasi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri, dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi, berdasarkan hasil penelitian siswa diberikan test sebanyak 10 soal. Dari hasil tes awal dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam menguasai materi IPA masih rendah, dengan nilai rata-rata mencapai 43,3. Dari 21 siswa terdapat (28,6%) atau 6 orang siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dan (66,7%) atau 14 orang siswa masuk dalam kategori tidak tuntas atau tidak berhasil pada pokok bahasan IPA. Dari hasil penelitian siklus I dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam menguasai materi IPA masih rendah, dengan nilai rata-rata mencapai 62,9. Dari 21 siswa terdapat (57,1%%) atau 12 orang siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dan (42,7%) atau 9 orang siswa masuk dalam kategori tidak tuntas atau tidak berhasil pada pokok bahasan IPA. Walaupun terjadi peningkatan penilaian pada siklus I akan tetapi masih diperlukan perbaikan tindakan pada siklus II, disebabkan hasil belajar siswa dibawah KKM 70. Dari hasil penelitian siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam menguasai materi IPA sudah mengalami peningkatan yang lebih baik, dengan nilai rata-rata mencapai 71,9. Dari 21 siswa terdapat (71,4%) atau 15 orang siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dan (28,6%) atau 6 orang siswa masuk dalam kategori tidak tuntas atau tidak berhasil pada pokok bahasan IPA. Terjadi peningkatan penilaian pada siklus II di atas nilai KKM 70.

Kata Kunci : Pendekatan Kooperatif, Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Dimyati, 2006. Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta:Rineka Cipta

Fahreza, F dan Junikar. 2018, Implementasi Pendekatan Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Dan Karakter Siswa Di Kelas IV SD Negeri Paya Peunaga. Jurnal Genta Mulia Volume IX No. 2 Juli 2018

Fahreza, F dan Husna, N, 2017 Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik Volume 4 No.2 September 2017

Hamalik.O.1990, Metode belajar dan kesulitan belajar, Jakarta, Bumi Aksara

Isjoni, 2009. Pembelajaran koopertatif. Pekanbaru: Pustaka Pelajar

Mulyasa. E., 2003, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mulyono Abdurrahman, 2003. Pendidikan Bagi Anak Yang Berkesulitan Belajar. Jakarta:RinekaCipta

Tanjung, H.S & Nababan, S.A (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik, Vol. 1. No. 1, 2018

Tanjung, H.S & Nababan, S.A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika berorientasi model pembelajaran Berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan Kemampuan berpikir kritis siswaSMA se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, Vol. IX. No. 1, 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.