PENGARUH MAKE A-MATCH, THE POWER OF-TWO DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

Chairunnisa Amelia

Abstract


Abstrak: Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar dan Interaksi nya dalam mempengaruhi hasil belajar. Lokasi Penelitian di SDN 067775 Medan. Populasi sebanyak 82 siswa, penarikan sampel secara cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data melalui tes hasil belajar IPS dan lembar observasi gaya belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis menggunakan ANAVA dengan signifikansi α=0,05. Hasil penelitian (1) Hasil belajar dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih tinggi daripada mencari pasangan (Fhitung = 4,65>Ftabel = 3,96); (2) Hasil belajar dengan gaya belajar auditori lebih tinggi dari gaya belajar kinestik (Fhitung = 7,97>Ftabel = 3,96); (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar (Fhitung = 4,47>Ftabel = 3,96). Hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih baik digunakan untuk siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan sebaliknya untuk strategi pembelajaran mencari pasangan.

Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar dan Hasil Belajar IPS

References


Amelia, Chairunnisa, 2015 Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di Kelas V SDN 067775 Medan. Tesis, Program Studi S2 Universitas Negeri Medan.

Amelia, Chairunnisa, 2012 Hubungan Perhatian Siswa dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI di SDN 067775 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Medan.

Ayuningtyas, Dita Charisma dan Faisal Affandi, 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif dengan Metode Pembelajaran The Power of Two dan Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sale, Seminar Nasional Second Lontar Physics Forum Semarang. LPF1308-1 : LPF1308-4.

De Porter, Quantum Teaching, (terj.Ali Nilandari), 2003, Bandung : Kaifa.

Emiyanti, Erni, 2011, Penerapan Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII A Mts. Malang : Tesis. Program Pasca Sarjana UIN Maulana Malikibrahim.

Fahreza, F dan Husna, N, 2017 Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik Volume 4 No.2 September 2017

Fahreza, F dan Junikar. 2018, Implementasi Pendekatan Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Dan Karakter Siswa Di Kelas IV SD Negeri Paya Peunaga. Jurnal Genta Mulia Volume IX No. 2 Juli 2018

Gunawan, Adi W, 2006. “Genius Learning Strategi”. Jakarta : Pustaka Utama.

Mafatih, A. B. H, 2007. Makalah Strategi Belajar dengan cara Kooperatif (Bidang Studi IPS). http://media.diknas.go-id. Diakses pada tanggal 03 februari 2015.

Melvita, Santi (2009) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Tesis, UNIMED.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar . Jogjakarta. Pustaka Pelajar

Marpaung Rosmawati Juni dan Efendi Napitupulu, 2014, Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan, Jurnal Teknologi Pendidikan, UNIMED

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Leo, 2008. Pengembangan Pembelajaran IPA. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Suyatno, 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tanjung, H.S & Nababan, S.A (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik, Vol. 1. No. 1, 2018

Tanjung, H.S & Nababan, S.A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika berorientasi model pembelajaran Berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan Kemampuan berpikir kritis siswaSMA se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, Vol. IX. No. 1, 2018

Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Warsita, Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.