KECAKAPAN SOSIAL DAN SYARIAT ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Febry Fahreza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecakapan sosial dan penerapan syariat islam di sekolah dasar negeri yang ada di Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kabupaten Aceh Barat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kecakapan sosial siswa di SD Se-Kabupaten Aceh Barat dengan nilai rata-rata 80. Penerapan Syariat islam di SD Se-Kabupaten Aceh Barat dalam kategori baik, hal itu terlihat dari hasil observasi yang dilakukan peneliti ditemukan adanya ceramah seminggu sekali pada hari jumat, membaca ayat suci alquran sebelum belajar, dan mewajibkan siswi untuk memakai kerudung/jilbab, berdoa sebelum dan sesudah belajar. namun ada beberapa masukan dari peneliti untuk sekolah dan juga dinas terkait, untuk membiasakan siswa dalam menerapkan syariat islam sejak anak di sekolah dasar yaitu : melaksanakan sholat dhuha, membiasakan anak untuk bersedekah, melaksanakan sholat berjamah di sekolah pada waktu zhuhur, dan membuat fasilitas kantin jujur, untuk melatih anak dalam hal kejujuran.

Kata kunci: Kecakapan Sosial, Syariat Islam

Full Text:

PDF

References


Ahmadi,Abu.2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arends, R. I. 2007. Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar, edisi ketujuh, buku dua. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Armstrong, T. 2002. 7 Kinds of Smart, Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence. (terjemahan) Jakarta: PT. Gramedia.

Al yasa’ Abu Bakar, Syariat Islam di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam-Paradigma, Kebijakan dan Kegiatan. Dinas Syariat Islam: Banda Aceh. 2006, hal 389

Belen, S. 2007. Terapkan Pendekatan Muti-kecerdasan!. Jakarta: Depdinas Dikdasmen.

Campbell, B., dkk. 2006. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence. Depok: Intuisi Press

Chaplin, J.P. (1999). Kamus Lengkap psikologi. Terjemahan oleh Dr. Kartini Kartono. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Mubin. H. 2012. “Teori Belajar Sosial Albert Bandura Pendekatan Pembelajaran Alternatif Masa Kini”. Dalam Jurnal Pendidikan. Edisi 1. No 4, Juli 2012.

Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, A. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Membangun Karakter Ideal Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Sri Suyanta, dkk, Buku Panduan Pelaksanaan Syariat Islam Untuk Remaja, Pelajar dan Mahasiswa, Dinas Syariat Islam Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Banda Aceh, 2008, hal. 233.

Syamsul Rijal, dkk, Dinamika dan Froblemantika Penerapan Syariat Islam, Dinas Syariat Islam Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Banda Aceh, 2007, halaman. 91

Fahreza, F. 2017 Analisis Kecakapan Sosial Siswa di SD Negeri 026793 Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai. Jurnal Bina Gogik Volume 3 No.2 September 2016

Muhammad Yusuf Musa,1998 Islam: suatu kajian komprehensif. Jakarta: rajawali press.hal 131

Teuku H.Anwar Fuadi A.Salam,Dapatkah Syariat Islam diberlakukan di Aceh? (Banda Aceh, 2003).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.