POLITIK DAN DINAMIKA KEBIJAKAN PERUBAHAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA HINGGA MASA REFORMASI

Maimuna Ritonga

Abstract


Abstrak: Artikel ini mencoba mengkaji dinamika perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia. Kurikulum sebagai bagian penting dalam pendidikan memiliki posisi strategis dalam pendidikan. Hitam putihnya kualitas pendidikan sesungguhnya sangat ditentukan oleh eksistensi kurikulum tersebut. Selain itu, kurikulum harus memperhatikan unsur-unsur peserta didik, pendidikan, masyarakat, dan peran pengembang kurikulum terutama guru. Peserta didik sebagai objek kurikulum harus mendapat prioritas utama dalam pengembangan kurikulum. Indonesia sering mengalami perubahan kurikulum, termasuk kurikulum pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, dan 2013. Pendidikan masa depan perlu dirancang untuk menjawab harapan dan tantangan perubahan yang terjadi, Sistem pendidikan perlu dibangun terus menerus dari pendidikan prasekolah, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa adanya perubahan kurikulum diperlukan setiap saat karena kurikulum akan selalu merespon perkembangan kehidupan, baik perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan sosial dan budaya, dan perkembangan politik.
Kata Kunci: dinamika, pengembangan, kurikulum, Indonesia

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Anzar. “Kurikulum Pendidikan di Indonesia Sepanjang Sejarah: Suatu Tinjauan Kritis Filosofis”.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. No. 65, 2007

Abong, Rustam. “Konstelasi Kurikulum Pendidikan di Indonesia”.AT-TURATS, Vol. 9. No. 2, 2015.

Agung, Leo. Sejarah Kurikulum Sekolah Menengah di Indonesia: Sejak Kemerdekaan Hingga Reformasi. Yogyakarta: Ombak, 2015.

Asri, M. “Dinamika Kurikulum di Indonesia”. MODELING. Vol. 4. No. 2, 2017.

Hidayat,Sholeh. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA 2013.

Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Istiqomah, Laelatul. “Dinamika Perubahan Kurikulum: Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 Paud”.Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol 1. No. 1, 2016.

Machali, Imam. & Ara Hidayat.The Handbook Of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

“Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045”. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. III, No. 1, 2014.

Muhammedi. “Perubahan Kurikulum di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam yang Ideal”.Raudhah. Vol. IV. No. 1, 2016.

Subiyantoro, dkk.Pengembangan Kurikulum: Suatu Kajian Teori dan Praktik Pada Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Samodra Ilmu, 2015.

Sukiman.Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.

Sulthon. “Dinamika Pengembangan Kurikulum Ditinjau dari Dimensi Politisasi Pendidikan dan Ekonomi”.Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. vol. 9. No. 1, 2014.

Syafaruddin, dkk.Inovasi Pendidikan: Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2012.

Syaodih, Nana.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Uce, Loeziana. “Realitas Aktual Praktis Kurikulum: Analisis terhadap KBK, KTSP dan Kurikulum 2013”.Jurnal Ilmiah Didaktika.Vol. 16. No. 2, 2016.

Zaini, Muhammad. Pengembangan Kurikulum: Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi. Yogyakarta: TERAS, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.