PENGARUH PENERAPAN METODE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI SUAK PANDAN

Mardhatillah Mardhatillah, Henra Saputra Tanjung

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode crossword puzzle terhadap keterampilan sosial pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas V SD Negeri Suak Pandan. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Suak Pandan yang berjumlah 19 orang. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus pearson product moment corelation. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum dilakukan perlakuan diperoleh rata-rata hasil awal sebesar 57,9. Adapun hasil akhir (post-test) penelitian diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,8. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan metode crossword puzzle terhadap keterampilan sosial. Hal ini terbukti dengan hasil analisa data statistik “product moment” (rhitung) sebesar 0,625 yang mana jika hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai “rtabel” sebesar 0.4555 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel (rhitung > rtabel) baik pada taraf signifikansi 5%. Hal ini termasuk dalam kategori kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode crossword puzzle berpengaruh terhadap keterampilan sosial pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas V SD Negeri Suak Pandan.

Kata Kunci : Pengaruh, Crossword Puzzle, Keterampilan Sosial.

Full Text:

PDF

References


Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik, 4(1).

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hudoyo. K. 2010. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Izzaty, K. 2008. Dasar-Dasar Imu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Mardhatillah, M., & Fahreza, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Macromedia Flash Professional 8 Untuk Kelas V Sdn Kasik Putih Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Visipena, 8(2).

Mardhatillah, M., & Trisdania, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Kelas II Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Bina Gogik, 5(1).

Nazir. A. 2014. Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurhadi. 2010. Menciptakan Pembelajaran IPS Efektif dan Menyenangkan. Jakarta : Multi Kreasi Satudelapan.

Sari. 2013. Peningkatan Pemahaman Konsep Koperasi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle. Jurnal: Online, diakses pada tanggal 2 Maret 2017.

Tanjung, H.S & Nababan, S.A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika berorientasi model pembelajaran Berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan Kemampuan berpikir kritis siswaSMA se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, Vol. IX. No. 1, 2018

Tanjung, H.S & Nababan, S.A (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik, Vol. 1. No. 1, 2018

Wirdaningsih, W., & Mardhatillah, M. (2016). Penerapan Media Audio-Visual Terhadap Keaktifan Pada Materi Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Siswa Kelas IV SD Negeri Pasi Teungoh Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.