PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN DAN PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR SWASTA DI MEDAN

Nurdiana Siregar, Nina Hastina, Wiwik Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: a) mendeskripsikan pelaksanaan full day school dalam pembentukan dan penguatan karakter religius siswa Sekolah Dasar Swasta (SDS) di Medan, b) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan full day school dalam pembentukan dan penguatan karakter religius siswa SDS di Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April s.d Agustus 2018 di SDS Medan yaitu SDS IT Siti Hajar, SDS IT Nur Ihsan, dan SDS Nurul ‘Azizi. Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan keagamaan dilaksanakan secara terjadwal yaitu ada kegiatan harian, kegiatan mingguan, dan kegiatan tahunan, setiap harinya siswa melaksanakan ibadah di sekolah yaitu membaca asmaul husna, baca Al-Quran dan hafal surat Al-Quran, sholat dhuha, sholat dzuhur, dan sholat ashar serta di awal pembelajaran selalu diawali dengan membaca doa dan diakhiri baca hamdalah, dan adanya kegiatan setiap jumat yaitu infaq serta dihari sabtu ada BINKAS (Bimbingan Anak Sholeh), setiap tahun melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, isra mi’raj, pesantren kilat pada bulan ramadhan, pembagian takjil dan sedekah dan kegiatan qurban 2) faktor pendukung pelaksanaan full day school dalam pembentukan dan penguatan karakter religius yaitu SDM yaitu kemampuan guru dalam menjelaskan dan mengajak siswa untuk beribadah serta mampu menjadi teladan dan model dalam berpakaian sesuai dengan syariat Islam, dan adanya sarana dan prasarana ibadah yaitu tempat berwudhu dan masjid serta daftar cek sholat siswa serta orang tua yang selalu mendukung program dari sekolah dalam hal bidang keagamaan. Jadi faktor penghambatnya hampir bisa dikatakan tidak ada. Dapat dinyatakan bahwa melalui pelaksanaan full day school, siswa SDS di Medan memiliki karakter religius.

Kata-kata kunci: full day school, karakter, religius

Full Text:

PDF

References


Ansari, M.I. 2015. Strategi Sistem Full Day School dalam Membentuk Empati Siswa. Muallimuna, Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Volume 1, No.1: 70-78

.2016. Rutinitas Keagamaan di Islamic Full Day School dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Muallimuna, Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Volume 1, No.2: 31-45.

Depiyanti, O.M. 2014. Model Pendidikan Karakter Di Islamic Full Day School (Studi Deskriptif Pada Sd Cendekia Leadership School, Bandung). Tarbawy. Volume 1, No.2: 132-141.

Leasa, M dan John R.B. 2017. Full Day School Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMKN 13 Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Volume 6, No.1: 73-82.

Wulandari, E. dkk. 2018. Analisis Implementasi Full Day School Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Volume 6, No.1: 65-74.

Yuwono, T. H. 2017. Full Day School: Realisasi Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pigur. Volume 1, No.1: 73-83.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.