PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR

Dazrullisa Dazrullisa, khairil Hadi

Abstract


Abstrak:Dalam mengajarkan matematika formal (matematika sekolah), guru sebaiknya memulai dengan menggali pengetahuan matematika informal yang telah diperoleh siswa dari kehidupan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya. Lingkungan dapat menjadi sumber masalah matematika dalam kehidupan nyata. Lingkungan tersebut salah satunya berupa kearifan lokal. Matematika dan budaya adalah dua hal yang berkaitan erat. Lembar kerja siswa (LKS) dijadikan pegangan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan adanya LKS akan berdampak baik bagi guru yaitu dapat membantu guru dalam memberikan materi pelajaran maupun tugas yang akan diberikan guru. Lembar kerja siswa merupakan panduan siswa yang digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah. Lembar kerja siswa memuat sekumpulan kegiatan mendasar yang harus dilakukan oleh siswa untuk memaksimalkan pemahaman dalam upaya pembentukan kemampua dasar. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh lembar kerja siswa (LKS) berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Paya Udeung Nagan Raya. Data dalam penelitian ini berupat data kualitatif dan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa siswa yang tuntas belajar sebanyak 20 siswa (91.2%) sehingga dapat dikatakan sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal (≥75%). Dengan pembelajaran menggunakan LKS, hasil belajar siswa akan meningkat karena siswa dilatih untuk mengkonstruksi pengetahuan sendiri sehingga konsep akan dipahami siswa secara lebih mendalam dan lebih tahan lama. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan yaitu siswa mampu untuk beragumen dan bertanya, siswa mampu pada pembuatan dan penulisan kesimpulan, siswa termotivasi dan aktif berdiskusi dan semangat mengikuti pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Kearifan Lokal, Hasil Belajar Siswa, Bangun Datar

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya

Dazrullisa. 2018. Pengaruh pembelajaran matematika berbasis kearifan Lokal terhadap minat belajar siswa. GENTA MULIA ISSN: 2301-6671 Volume IX No. 2, Juli 2018

Magdalena, S. M. (2014). The effect of parental influences and school readiness of the child. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 127, 733-737.

Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadirman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : CV. Rajawali.

Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Skinner, Mc. Beach., 2009. The Motivation Factor: A theory of personal investment. Lexington, Massachusetts: Lexington Books.

Syaiful Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : PT. Kencan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.