Pemanfaatan Puisi sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia untuk Pembinaan Nilai – Nilai Karakter Bangsa pada Peserta Didik di SMP Taman Siswa Bahjambi Kabupaten Simalungun

Lili Tansliova, Netti Marini

Abstract


Abstrak ; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan puisi sebagai sumber belajar untuk pembinaan nilai – nilai karakter bangsa pada peserta didik di SMP Taman Siswa Bahjambi Kabupaten Simalungun. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan mengetahui nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang dapat dibina melalui pemanfaatan puisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun luaran dari penelitian ini berupa draft laporan penelitian, publikasi ilmiah, antologi puisi yang memuat nilai – nilai karakter bangsa dan instrumen (lembar observasi dan hasil wawancara) untuk melihat sikap peserta didik yang mengimplementasikan nilai – nilai karakter bangsa di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa puisi.dapat digunakan sebagai sumber belajar Bahasa Indonesia untuk pembinaan nilai – nilai karakter bangsa pada peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan sikap siswa setelah dilakukan uji coba pemanfaatan puisi dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Taman Siswa Bahjambi. Adapun presentase perubahan sikap siswa setelah pemanfaatan puisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk pembinaan nilai karakter bangsa yaitu sikap baik menjadi sangat baik sebesar 21 % dari sampel penelitian, sikap cukup baik menjadi baik sebanyak 22 %, sikap baik tetap baik sebanyak 42 % dan sikap cukup baik tetap bersikap cukup baik sebanyak 15 %. Maka, dapat disimpulkan bahwa pembinaan karakter bangsa pada peserta didik dapat dilakukan melalui pemanfaatan karya sastra seperti puisi di dalam proses pembelajaran.


Kata-kata kunci : Puisi, Sumber belajar, Pembinaan, Nilai karakter bangsa.

Full Text:

PDF

References


Halomoan, Muhammad dan Luthfi Maulana Nasution. 2012. Mengembangkan dan Mengintegrasikan Nilai – nilai Pendidikan Karakter ke dalam Dokumen 1 dan 2 KTSP. Medan : La – Tansa Press.

Kementerian Pendidikan Nasional . 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional.

Latif, Yudi. 2009. Menyemai Karakter Bangsa. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara.

Marini, Netti. 2014. Analisis Teks Antologi Puisi “Menolak Korupsi 2A”. Tesis

Moleong. Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mutiani, Mutiani. 2015. Pemanfaatan Puisi Sebagai Sumber Belajar Ips Untuk Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan Peserta Didik Di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Bandung : Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Vol 24 No.2 (2015). Sumber tersedia di http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/1456

Nirmawan. 2014. Interprestasi Puisi “ Kembalikan Indonesia Padaku” Karya Taufik Ismail. Medan : Jurnal TIFA Edisi 3 Februari 2014 PPs UMN Al Washliyah.

Purba, Antilan. 2008. Sastra Bangsa Indonesia. Medan : USU Press.

Puspasari. 2010. Belajar Mengapresiasi Puisi. Bekasi ; Adhi Aksara Abadi Indonesia

Semi, Atar. 1985. Kritik Sastra. Bandung : Angkasa.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukalima, AG dkk. 2013. Upaya Menanamkan Nilai – nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Puisi di Kelas X SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha Vol 2 (2013). Sumber Tersedia di http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_bahasa/article/view/500

Syamsuddin, Vismania S. Damaianti. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bekerjasama dengan PT Remaja Rosdakarya.

Tanjung, H.S & Nababan, S.A (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik, Vol. 1. No. 1, 2018

Tansliova, Lili. 2014. Nilai – nilai Karakter Bangsa pada Novel “ Ranah 3 Warna” dan “Rantau 1 Muara” Karya Ahmad Fuadi serta kontribusinya Terhadap Pendidikan Karakter. Tesis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.