PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI LANGUNG KABUPATEN ACEH BARAT

Agus Kistian

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan Control Group Pre-test and Post-test Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Langung. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik total sampling semua populasi dijadikan sebagai sampel. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal uraian. Analisis data diambil dari hasil pretest dan posttest siswa. Selanjutnya dilakukan analisis data uji normalitas, homogenitas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada peningkatan hasil belajar siswa diperoleh bahwa thitung 3,43 > t tabel 1,67, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada ranah kognitif siswa antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar ranah kognitif.

Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Ade, Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah Bahri, S dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto dan Rahardjo, M. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogayakarta: Grava Media

Hartono, 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Primadi. 2011. Prestasi Belajar dan Ketuntasan Hasil Belajar. Jakarta: UNESA

Sudjana. 2010. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.