PENERAPAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PPKN SISWAKELAS V SD NEGERI NGKERAN T.A.2017/2018

Khiyaruddin Khiyaruddin, Syska Manyatika

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Aktivtias siswa melalui penerapan model Active Learning pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Negeri Ngkeran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terjadi selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD negeri Ngkeran yang berjumlah 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap Aktivtias guru dan Aktivitas siswa. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan persentase skor rata-rata aktivitas guru, Aktivtias siswa kemudian menentukan kriteria keberhasilannya. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan : Pada siklus I pertemuan 1,2, dan 3 masing-masing sebesar 48,86%; 49,43%; dan 72,16% dengan kategori sedang. Aktivtias siswa pada siklus I pertemuan 1, 2 dan 3 sebesar 50,32%; 64,02%; dan 73,62% kategori sedang. Terjadi Peningkatan Aktivtias Guru Pada siklus II pertemuan 1, 2 dan 3 sebesar 81.82%; 88.07%; 93;18% kategori Baik. Aktivtias Siswa Pada Siklus II 80,93%; 85,34%; dan 89,25% dengan kategori baik. Aktivtias Siswa dan Guru Pada Siklus II Melalui hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa model Active Learning dapat meningkatkan Aktivtias siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SD Negeri Ngkeran.

Kata kunci : model pembelajaran, Active Learning, Aktivtias siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2005, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_________________, 2006, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryani, Ine Kusuma dan Susantim, Markum. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor: Ghalia Indonesia

Darsono, Max., 2003. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang.

Djamarah, S.B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Eveline dan Hartini, 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Muhibbinsyah, 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Mudjiono, Dimyati, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Roestiyah, 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Rusman, 2010. Model-model pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Soemardyono. 2004. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha

Tanjung, H.S & Nababan, S.A (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik, Vol. 1. No. 1, 2018

Trianto, 2005. Mode pembelajaran terpadu dalam praktik, Jakarta : Presatasi Pustaka

Uno, Hamzah B. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Kencana

Wuryandani, Wuri dan Fathurrohman. 2011. Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ombak

Winkel, 2008. Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rajawali Pers


Refbacks

  • There are currently no refbacks.