PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSAR

Authors

  • Suciadrianti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky
  • Abdul Malik Iskandar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky
  • Mochammad Noer Alim Qalby Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky
  • Waddi Fatimah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.12

Keywords:

Lingkungan sosial sekolah, minat belajar siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap minat belajar siswa kelas VA SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini ialah kelas VA SD Inpres Borong Jambu II yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket pengaruh lingkungan sosial sekolah dan angket minat belajar siswa. Setelah menganalisis data statistik  deskriptif  rata-rata  minat belajar siswa  mencapai 77,93 dalam kategori berminat. Adapun skor nilai rata-rata lingkungan sosial sekolah mencapai 75,40 dalam kategori berpengaruh. Analisis prasyarat hasil uji normalitas minat belajar 0,151 dan lingkungan sosial sekolah 0,079> 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas 0,740 > 0,05 ( homogen). Hasil uji linearitas adalah 0,981 > 0,05 dengan demikian terdapat hasil uji hipotesis menunjukan nilai sig 0,008, dengan kriteria sig ( 0,008 ) <  0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap minat belajar siswa SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar.

Author Biography

Waddi Fatimah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky

Downloads

Published

2023-03-29