MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN MOTIVASI

Authors

  • Dazrullis STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

Pembelajaran ATI, motivasi, kreativitas, PLSV.

Abstract

Aptitude Treatment Interaction (ATI) merupakan sebuah konsep yang berisikan sejumlah strategi
pembelajaran yang sedikit banyaknya efektif digunakan untuk siswa tertentu sesuai dengan karakteristik
kemampuannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran
Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam meningkatkan kreatifitas dan motivasi belajar matematika pada
materi persamaan linear satu variabel di kelas VII SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment
Interaction (ATI) dalam meningkatkan kreatifitas dan motivasi belajar matematika pada materi persamaan
linear satu variabel di kelas VII SMP Negeri 19 percontohan Banda Aceh. Penelitian menggunakan metode
penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian diuji dengan menggunakan rumus presentase. Berdasarkan rubrik
penskoran diperoleh rata-rata kelompok siswa bertanya atau mengemukakan pikiran adalah sebesar 60%.
Mencermikan sikap ketertarikan untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas suatu yang dipelajari, dilihat,
dan didengar rata-rata 85,2%. Persentase pada indikator melakukan tindakan untuk mengetahui lebih
mendalam dan meluas dari suatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar 75,4%. Rata-rata 95% siswa
memahami konsep PLSV. Siswa lebih kreatif dalam menyelesaikan LKS karena masalah yang disusun tidak
hanya bisa diselesaikan dengan PLSV tetapi juga dengan logika. Sehingga model ATI sangat membantu
siswa dalam memahami dan menigkatkan kreatifitas siswa pada materi persamaan linear satu variable, model
ATI dapat menambah motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya pada materi
persamaan linear satu variabel.

Downloads

Published

2023-03-31