PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERLOGARITMA KELAS X1 SMA NEGERI 1 KAWAY XVI

Rita Zahara

Abstract


Masalah hasil belajar siswa di sekolah masih banyak yang mengalami masalah, terutama hasil belajarya masih rendah. Hal disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya masih ada guru yang belum mampu menggunakan metode yang benar. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan September sampai dengan Nopember 2017 di SMA Negeri 1 Kaway XVI yang bertujuan untuk mengetahui dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X1 pada materi Logaritma pelajaran Matematika dengan menggunakan model SFAE pada SMA Negeri 1 Kaway XVI. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X1 Negeri 1 Kaway XVI yang jumlah siswanya 30 orang siswa sebagai subjek penelitian, untuk memperoleh data penulis menggunakan  teknik pengumpulan data  tes dan non tes. Setelah data terkumpul dengan baik diolah dan dianalis dengan cara membandingkan antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X1 Negeri 1 Kaway XVI pada materi Logaritma dengan menggunakan model SFAE. Hal ini terbukti pada siklus I dari 30 orang siswa hanya 20 (66,66%) yang yang tuntas secara klasikal, sedangkan setelah siklus II meningkat menjadi 27 orang siswa  atau (90,00%)  yang tuntas secara klasikal.

 

Kata Kunci: Kooperatif, SFAE, hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M.1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Erlangga.

Johar, R., Nurfadhilah, dan L. Hanum. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh : FKIP Universitas Syiah Kuala.

Kurniawati, N. 2010. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Bandung.

Lie, A. 2003. Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta Grasindo Muhibbin, S. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Musriah. 2009. Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Student Facilitator and Explaining ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 2 Grobogan ). Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Oemar Hamalik.1993. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryanto A, Haryanta A. 2006. Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas X : Jakarta. Erlangga

Susilowati, A. 2009. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Sekolah Dasar Berbasis Media dan Berkonteks Lokal Surakarta. Skripsi, (Online), (http://etd.eprints.ums.ac.id/3409/2/A410050010.pdf., diakses 3 Maret 2010).

Tanjung, H.S & Nababan, S.A (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik, Vol. 1. No. 1, 2018

Tanjung, H.S & Nababan, S.A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika berorientasi model pembelajaran Berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan Kemampuan berpikir kritis siswaSMA se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, Vol. IX. No. 1, 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.