Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri di Kelas X2 SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh

Elly Surianti

Abstract


Masalah hasil belajar siswa di sekolah masih banyak yang mengalami masalah, terutama hasil belajarnya masih rendah. Hal disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya masih ada guru yang belum mampu menggunakan metode yang benar. Peneltian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Januari sampai dengan Maret 2017 di SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh yang bertujuan untuk mengetahui dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X2 pada materi Trigonometri pelajaran Matematika dengan menggunakan model GI pada SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X2 Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh yang jumlah siswanya 30 orang siswa sebagai subjek penelitian, untuk memperoleh data penulis menggunakan  teknik pengumpulan data  tes dan non tes. Setelah data terkumpul dengan baik diolah dan dianalis dengan cara membandingkan antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X2 Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh pada materi Trigonometri dengan menggunakan model GI. Hal ini terbukti pada siklus I dari 30 orang siswa hanya 19 (63,33%) yang yang tuntas secara klasikal, sedangkan setelah siklus II meningkat menjadi 28 orang siswa atau (93,33%)  yang tuntas secara klasikal.

 

Kata Kunci:         Kooperatif, GI, hasil belajar

 


Full Text:

PDF

References


Johar, R., Nurfadhilah, dan L. Hanum. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh : FKIP Universitas Syiah Kuala.

Lie, A. 2003. Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta Grasindo

Oemar Hamalik.1993. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryanto A, Haryanta A. 2006. Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas X : Jakarta. Erlangga

Tanjung, H.S & Nababan, S.A (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik, Vol. 1. No. 1, 2018

Tanjung, H.S & Nababan, S.A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika berorientasi model pembelajaran Berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan Kemampuan berpikir kritis siswaSMA se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, Vol. IX. No. 1, 2018

Widodo. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.