DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 03 SALATIGA BERKEMAMPUAN RENDAH

Yessicha Wulandari, Sutriyono Sutriyono

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep bangun datar siswa kelas VIII berkemampuan rendah. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa SMP Negeri 3 Salatiga yang terdiri dari tiga siswa laki-laki dan dua siswa perempuan. Pemilihan subjek berdasarkan rekomendasi dari guru mata pelajaran matematika. Kelima siswa tersebut memiliki kemampuan matematika yang sama dan telah memenuhi kecukupan pengetahuan dan ketrampilan matematika pada materi bangun datar. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan dilanjutkan dengan wawancara secara individual untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek 1 dapat memenuhi 6 indikator, subjek 2 dapat memenuhi 3 indikator, subjek 3 dapat memenuhi 5 indikator, subjek 4 dapat memenuhi 4 indikator, subjek 5 dapat memenuhi 5 indikator.

Kata kunci: Pemahaman Konsep; Bangun Datar; Berkemampuan Rendah.


Full Text:

PDF

References


Adiati Afni. 2017. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Islam Asy-Syuhada”. Jakarta : Jurnal Pendidikan Matematika, Universitas Islam Ngeri Syarif Hidayatullah.

Nasryah, Cut Eva & Rahman, Arief Aulia. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Di Kelas 5 Sd Negeri Inpres115495 Sisumut Kota Pinang. Bina Gogik : Jurnal Ilmiah PGSD. 3(1), 25-34.

Fadjar Shadiq. 2009. ”Kemahiran Matematika” . Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Fatqhurhohman. “Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar”. Banyuwangi : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Banyuwangi.

Hanifah Nur. 2018. “Deskripsi Kemampuan Representasif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender”. Salatiga : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana.

Ibrahim, R dan Nana Syaodih S.2003.Perencanaan pengajaran.Jakarta:Rineka Cipta h.21.

Khotiro Nur Binta. 2016. “Pembelajaran Missouri Mathematics”. Purwokerto : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Sari Puspa Fitri Eka. 2017. “ Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Stars With a Question”. Palembang : Universitas PGRI Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.