PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Yuyun Sari

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan pembelajaran induktif terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk tes uraian sebanyak 10 soal sedangkan observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Induktif. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis statistic parametik korelasi product momen. Analisis dilakukan dengan menggunakan software SPSS. Prosedur dimulai dengan memasukan variable-variabel penelitian yaitu variabel X dan variabel Y. Dari hasil uji analisis tersebut diperoleh rata-rata dan standart deviasi untuk hasil belajar matematika siswa (Y) adalah 80,86 dan 10,73 sedangkan untuk aktivitas siswa diperoleh rata-rata dan standart deviasi (X) adalah 4,041 dan 0,516 Uji normalitas pada penelitian ini adalah berdistibusi normal dengan Lhitung < Ltabel = 0,093 < 0,161, n = 35 dan taraf signikan = 5%. Pada uji hipotesis di peroleh persamaan regresi linier sederhana yaitu . Dari hasil uji korelasi didapat nilai thitung > ttabel  = 18,83 > 2,048 dan signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,005. Dari hasil uji F diketahui tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari signifikan 0,05 F(0,05:1,33) dan Fhitung > Ftabel = 354,603 > 4,20. Dari hasil koefisien determinasi diperoleh nilai R-Square yaitu 0,915 atau 91,5%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa aktivitas siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Induktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Rantau Selatan Kab.Labuhan Batu Tahun Pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, Pendekatan Pembelajaran, pendekatan Induktif, Hasil Belajar Matematika.


Full Text:

PDF

References


Asra & Sumiati. 2009. Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Buku Aksara.

Bruce, Joyce. dkk. 2002. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Jilid2. Jakarta: Erlangga.

Dimyanti & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta.

Hakim, Lukmanul. 2008. Membongkar Trik Rahasia Para Master php. Yogyakarta: Lokomedia.

Pramastuti, Suluh. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

R.W, Copeland. 1974. How Children Learn Mathematics Teaching Implications of Piaget’s Theory. New York: Macmillan Publishing Co. Inc.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.

Rochmad. 2010. Jurnal Proses Berpikir Induktif dan Deduktif dalam Mempelajari Matematika. (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/1494


Refbacks

  • There are currently no refbacks.