ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERTIDAKSAMAAN KUADRAT BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Fakhrul Jamal

Abstract


Abstrak: Materi pertidaksamaan kuadrat mempunyai peran penting dalam matematika karena termasuk dalam salah satu hal pokok yang menjadi bidang kajian utama dalam matematika. Namun dari hasil observasi yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa siswa belum sepenuhnya menguasai materi pertidaksamaan kuadrat. Oleh sebab itu, perlu diketahui apa saja kesalahan yang dilakukan siswa. Adapun salah satu cara untuk mengetahui kesalahan siswa adalah dengan analisis kesalahan Newman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pertidaksamaan kuadrat berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denga jenis deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal tes tertulis dan lembar pedoman wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah empat orang siswa kelas X SMA Negeri 3 Meulaboh. Hasil penelitian ditemukan beberapa hasil antara lain: 1) tidak ada satupun subjek penelitian yang melakukan jenis kesalahan membaca dan juga kesalahan memahami, 2) kesalahan transformasi dilakukan oleh satu orang subjek penelitian yaitu tidak mengubah informasi pada soal kedalam bentuk pertidaksamaan kuadrat, 3) kesalahan keterampilan proses dilakukan oleh dua orang subjek penelitian yaitu ketika melakukan proses subtitusi persamaan kedalam pertidaksamaan dan juga ketika melakukan pemfaktoran, dan 4) kesalahan penulisan jawaban dilakukan oleh satu orang subjek penelitian yaitu menuliskan -4 = 𝑟 = -1 sebagai jari-jari lingkaran (𝑟) yang memenuhi padahal jari-jari lingkaran (𝑟) harus positif.

 

Kata Kunci: Pertidaksamaan Kuadrat, Kesalahan Siswa, prosedur Newman


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A.C. 2000. Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarata: PT Dunia Pustaka Jaya.

Clements, M.A. & Ellerton, N.F. 1992. Overemphasising process skills in school mathematics: Newman analysis data from five countries. In W. Geeslin & K. Graham (Eds.), Proceedings of the Sixteenth International Conference on the Psychology of Mathematics Education (Vol. 1, pp. 145-152). Durham, New Hampshire: International Group for the Psychology of Mathematics Education.

Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Marinas, B. & Clements, M.A. 1990. Understanding the problem: A prerequisite to problem solving in mathematics. Journal of Science and Mathematics Education in South East Asia, 13(1), 14-20.

Pedersen, I.F. & Gronmo, L.S. 2010. Norwegian Upper Secondary School Students’ Performance in Solving Algebraic Inequalities. (Online), (http://www.iea.nl/fileadmin/user_upload/IRC/IRC_2010/Papers/IRC2010_Pedersen_Gronmo.pdf) diakses tanggal 3 Juli 2018.

Sahriah, S. 2011. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM.

Satoto, S. 2012. Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kendal Dalam Menyelesaikan Soal Materi Jarak Pada Bangun Ruang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FMIPA UNS.

Singhatat, N. 1991. Analysis of mathematics errors of lower secondary pupils in solving word problems. Penang: SEAMEO-RECSAM.

Tsamir, P., Tirosh, D. & Tiano, S. 2004. “New Errors” and “Old Errors”: The Case of Quadratic Inequalities. Proceedings of the 28th Conference of the International Group of Psychology of Mathematics Education, Bergen, Norway, July 14-18, 2004, Vol. I (155-158).

White, A.L. 2005. Active Mathematics in Classrooms: Finding Out Why Children Make Mistakes – And Then Doing Something To Help Them. Sydney: University of Western Sydney.

White, A.L. 2010. Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia 2010, Vol. 33 No. 2, 129 – 148.

Yin, L.Y. 2005. Understanding Student’s Quadratic Inequality Misconception Through An In-Depth Interview. Makalah disajikan dalam 3 International Qualitative Research Convention 2005. Qualitative Research Experience Across Discipline 31-45. Universiti Teknologi Malaysia & Qualitative Research Association of Malaysia: Sofitel Palm Resort, Senai, Johor, Malaysia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.