ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH

Arief Aulia Rahman, Fauziana Fauziana

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di Tingkat SMP Aceh Barat yang menggunakan kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajarnya dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa selama menggunakan Scientific Approach. Penelitian ini juga bertujuan memberikan gambaran dari solusi atas permasalahan yang ditemukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket, observasi dan wawancara. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII tingkat SMP. hasil penelitian menujukkan bahwa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa antara lain kurangnya variasi mengajar guru, dan penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesulitan belajar matematika berdasarkan kesulitan yang dialami dan faktor yang melatarbelakangi antara lain mengajarkan matematika dengan menyenangkan, menggunakan media pembelajaran yang kongret, memperbanyak latihan soal, dan menjalin kerja sama dengan orang tua siswa.

 

Kata Kunci : Scientific Approach, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matematika


Full Text:

PDF

References


Creswell, J., W., 2012, Research design Pendekatan kualitatif, Kuantitatif danMixed; Cetakan ke-2, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miles, M.B.,& Huberman. A., 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, L.J. 2010. Metodologi Peneltiian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyana. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.