UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL TUTORIAL BERBASIS MEDIA CD INTERAKTIF DI SMA GAJAH MEDAN T.P 2011/2012s

Fauziawati Ritonga

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menjawab apakah menggunakan model tutorial dapat meningkatkan kemampuan belajar matemtika dan aktivitas pada siswa SMA Gajah Mada Medan di kelas XI-IPA pada materi suku banyak.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, yaitu mengetahui peningkatakan kemampua belajar siswa dalam belajar matematika dan penimgkatan aktivitas siswa. Teknik dan alat pengumpulan data dalam pnelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi.Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan tes uraian tertulis. Dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA SMA Gajah Mada Medan yang berjumlah 29 orang, dimana penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelakasanaan, observasi dan refleksi.Dari hasil analisis data yang di peroleh kemampuan awal belajar siswa diperoleh 6 siswa(20.69%) yang dikategorikan mampu. Pada siklus I diperoleh 13 siswa(44.83%) telah mencapai tingkat kemampuan belajar diatas KKM,  sedangkan pada siklus II diperoleh 25 siswa(86.21%) yang memiliki berkemampuan tinggi. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 65,52%. Sedangkan analisis data aktivitas siswa pada siklus I keaktifannya dikategorikan “cukup”, dan pada siklus II keaktifan siswa dikategorikan “ baik”.Berdasarkan hasil penelitian ini berarti bawha model tutorial berbasis media CD interaktif dapat meningkat kemampuan  belajar matematika siswa serta aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan nilai suku banyak. Dengan demikian model tutorial salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar matemtika.

 

Kata kunci: Kemampuan belajar, Model tutorial, Aktivitas belajar, CD Interaktif.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Parsada

Depdiknas.(2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2001). Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan : Balai Pustaka.

Nababan, S.A (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar.Bina Gogik, Vol. 4. No. 2, 2018

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston, VA : NCTM.

Sadiman, A.(2003).Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Trasito

Suherman,. (2001). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Wardhani, IGAK. dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soedjadi,R.( 2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: DiktiDepdiknas.

Tanjung, H. S. 2018. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah.Genta Mulia, Vol. IX. No. 1, 2018

Tanjung, H.S & Nababan, S.A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaranMatematika berorientasi model pembelajaranBerbasis masalah (PBM) untuk meningkatkanKemampuan berpikir kritis siswaSMA se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, Vol. IX. No. 1, 2018

Yusuf, M.(2010) . Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Komputer Di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Dosen FKIP MatematikaUniversitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2). pp. 34-44. ISSN 1978-0044


Refbacks

  • There are currently no refbacks.