PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS KELAS X SMAN 1 BEUTONG KABUPATEN NAGAN RAYA

Rufa Hera

Abstract


Abstrak: Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi pencemaran lingkungan Kelas X IPA di SMAN 1 Beutong Kabupaten Nagan Raya’’.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X di SMAN 1 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas XI. IPA1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dankelas XI.IPA2 sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar soal tes dan lembar validasi, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes  dan validasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini berupa hasil tes yang diberikan kepada kedua kelas yaitu sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran  dengan soal yang sama, kemudian nilai hasil tes tersebut diolah dengan menggunakan uji-t.Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, maka diperoleh thitung = 20,52 dengan demikian thitung> ttabel atau 20,52 > 1,73406, maka Ha diterima dan H0 ditolak dengan taraf signifikan α = 0,05. Maka hipotesis pada penelitian ini di terima. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem solving dapat Meningkatkan Hasil  Belajar Siswa dibandingkan dengan model konvensional Pada Materi Materi pencemaran lingkungan Kelas X IPA di SMAN 1 Beutong Kabupaten Nagan Raya.

Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.