ANALISIS KESALAHAN NEWMAN DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV BAGI SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SALATIGA

Erlangga Mawasdi, Tri Nova Hasti Yunianta

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa MTs Negeri Salatiga dalam menyelesaikan soal certa materi SPLDV berdasarkan analisis kesalahan menurut Newman serta memberikan tindakan berupa pemberian scaffolding untuk mambantu siswa mengatasi kesalahan tersebut. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas VIII MTS Negeri Salatiga. Subjek dipilih berdasarkan jenis kesalahan yang dilakukan saat menyelesaikan soal cerita materi SPLDV. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes materi SPLDV dan wawancara. Pedoman wawancara dalam penelitian ini disesuaikan dengan teori kriteria kesalahan Newman kemudian kegiatan scaffolding dibuat berdasarkan teori Anghileri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV, terdiri dari: (1) comprehension error (kesalahan memahami); (2) transformation error (kesalahan memproses), (3) procces skill error (kesalahan memproses), dan (4) encoding error (kesalahan penulisan jawaban akhir). Bentuk scaffolding yang diberikan untuk setiap tipe kesalahan, yaitu: scaffolding yang diberikan pada comprehension error (kesalahan memahami) adalah expaining dan reviewing, scaffolding yang diberikan pada transformation error (kesalahan mentransformasi) adalah explaining dan reviewing, scaffolding yang diberikan pada procces skill error (kesalahan memproses) adalah explaining, reviewing dan restructuring, scaffolding yang diberikan pada encoding error (kesalahan penulisan jawaban akhir) adalah explaining dan reviewing.

 

Kata kunci: SPLDV, Analisis Kesalahan Newman, Scaffolding, dan Soal Cerita.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.