DESKRIPSI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN LEVEL TAKSONOMI SOLO

Rian Ika Pesona, Tri Nova Hasti Yunianta

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematika siswa dalam pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan level taksonomi SOLO. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa SMP Negeri 2 Mojosongo yang terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi (SKT), satu siswa berkemampuan matematika sedang (SKS) dan satu siswa berkemampuan matematika rendah (SKR) yang telah mempelajari sistem persamaan linear dua variabel. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan dilanjutkan wawancara secara individual untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi (SKT) mampu memenuhi indikator yang ada pada level tertinggi dalam taksonomi SOLO yaitu, level extended abstrak, siswa berkemampuan matematika sedang (SKS) mampu memenuhi indikator yang ada pada level multistruktural dan siswa berkemampuan matematika rendah (SKR) mampu memenuhi indikator yang ada pada level unistruktural.

 

Kata Kunci: Kemampuan Matematika, Pemecahan Masalah, SPLDV, Taksonomi SOLO


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.