EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN MEDAN MARELAN

Nina Hastina, Dahniar Harahap

Abstract


Abstrak: Penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah umum menempatkan siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan SD penyelenggaran pendidikan inklusif. Subjek penelitian meliputi SDN No. 064999 Medan Marelan. Pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan perlu tindakan refleksi dan perbaikan pada komponen penyelenggaraan pendidikan inklusif yaitu (1) Tenaga Pendidik khusus untuk guru pendamping khusus (GPK). (2) Saranan dan Prasana yang belum menyesuaikan kebutuhan ABK secara keseluruhan.(3)Keuangan/Dana dari pemerintah untuk penyelenggara pendidikan inklusif.(4) Evaluasi tingkat daerah dan  Nasional (UN) khusus untuk sisiwa ABK di sekolah reguler.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Komponen, Pendidikan Inklusif, ABK


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.