Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD

Authors

  • Nafla Nabiila Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Reinita 2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i1.252

Keywords:

Listening Team, Hasil Belajar, Tematik Terpadu

Abstract

Abstract
Penelitian ini menjelaskan pengaruh pembelajaran tematik terpadu terhadap hasil
belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Listening Team. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan desain penelitian quasy eksperimen bentuk nonequivalent control
group design. Sekolah Dasar dalam satu Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang
dijadikan sebagai populasi sampel penelitian, yang diambil dengan menggunakan
metode Probability Sampling. Pada penelitian ini kelas eksperimen adalah SDN 04
Pauh Kelas V, sedangkan kelas kontrolnya adalah SDN 08 Pisang Kelas V. Jumlah
peserta didik pada setiap kelas adalah 27 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis
dengan uji t, maka diperoleh thitung = 2,7304 dan ttabel = 2,0066 menggunakan taraf
nyata 0,05. Dengan demikian thitung > ttabel yaitu 2,7304 > 2,0066. Maka, dapat
ditarik disimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model
kooperatif tipe listening team terhadap hasil belajar pembelajaran tematik terpadu
di kelas V SDN Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang.

Downloads

Published

2022-01-31