DESKRIPSI BERPIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR PADA SISWA SMP KELAS VIII

Ollyfia Kristihana, Novisita Ratu

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir kritis dalam memecahkan masalah bangun datar pada siswa SMP kelas VIII di SMP Pangudi Luhur Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah trianggulasi metode. Subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu 3 siswa kelas VIII di SMP Pangudi Luhur Salatiga dengan kemapuan matematika tinggi. Data pada penelitian ini berupa pemberin tes. Simpulan dalam penelitian ini yaitu subjek MB memiliki tingkat berfikir kritis kategori tinggi karena pada ketiga soal yang diberikan subjek MB mampu melampaui 5 tahapan pada soal nomor 1, 6 tahapan pada soal nomor 2, 4 tahapan pada soal nomor 3. Subjek DL memiliki tingkat berpikir kritis kategori sedang karena pada soal nomor 1 subjek dapat melampaui 4 tahapan, pada soal nomor 2 dapat melampaui 3 tahapan dan pada soal nomor 3 dapat melampaui 4 tahapan berpikir kritis. Subjek VM dikategorikan memiliki tingkat berpikir kritis rendah karena pada soal nomor 1 subjek dapat melampaui 2 tahapan, pada soal nomor 2 dapat melampaui 3 tahapan dan pada soal nomor 3 dapat melampaui 4 tahapan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah memiliki tingkatan yang berbeda. Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan bagi guru tentang tingkat berpikir kritis siswa SMP kelas VIII dalam memecahkan masalah terkait meteri bangun datar dan bagi siswa untuk lebih meningkatkan berpikir kritis pada masalah matematika.

Kata Kunci : Berpikir kritis, Bangun Datar, Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF

References


Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta : Prenada Media Group

Gokhale, A. (2005). Collaborative Learning Enhaces Critical Thinking, Journal of Tecnology Education, , 7(1) hal. 22-30.

Cottrell, S. (2005). Critical Thinking Skill : Developing Effective Analysis and Argument. New York: Palgrave Macmillan.

Snyder, L.G., & Snyder, M.J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. Delta Pi Epsilon Journal, 50(2), hal. 90-99.

Peter, E. E. (2012). Critical Thinking : Essence for Teaching Mathematics and Mathematics Problem Solving Skills. African Journal of Matematics and Computer Science Research, 5(3) hal. 39-43.

Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: A Outline of Critical Thinking Isponsitions and Abilities. Ilionis : University of Illionis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.