UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVENT DIVISION) PADA SISWA KELAS XI TAV (TEKNIK AUDIO VIDEO) B SEMESTER I TAHUN AJARAN 2017/2018

Galih Toni Purwanto, Nani Mediatati, Yosaphat Haris Nusarasriya

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan  keaktifan dan hasil belajar siswa dalam  mata pelajaran PPKn dengan mengunakan  metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievent Division. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan tes. Analisis data yang dilakukan dengan membandingkan hasil sebelum diberi tindakan dan sesudah diberi tindakan yang berkaitan dengan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievent Division) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TAV B. Keaktifan siswa mengalami dari kondisi awal (pra siklus) sebesar 51,5% menjadi 72,7% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 93,9% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal (pra siklus) sebesar 39,3% menjadi 72,7% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 100% pada siklus II.

 

Kata kunci: Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa, Student Teams Achievent Division.


Full Text:

PDF

References


Cholisin. (2004). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Yogyakarta: Fakultas Ilmu sosial dan Ekonomi UNY.

Christiawan, Pratomo Adi. 2013. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 4 SMA N 1 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta: Skripsi tidak diterbitkan.

Daryono M. 2011. Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.

Harmianto, dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

_________.2009. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Ridho Kurniawan, Muhammad. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas X SMA Ar-Rahman Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Medan: Skripsi tidak diterbitkan.

Robert E. Slavin. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

______________.2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.