UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI GERAK DASAR LOMPAT JAUH MELALUI MODIFIKASI ALAT BAN SEPEDA DAN KARDUS PADA SISWA KELAS V DI SDN XVI MARGAHAYU BEKASI

Hasan Basri

Abstract


Abstrak:Hasil Belajar Materi Gerak Dasar Lompat Jauh Melalui Modifikasi Alat Ban Sepeda Dan Kardus Pada Siswa Kelas V Di SDN  XVI Margahayu Bekasi.Skripsi.Penjaskesrek, Universitas Islam “45” Bekasi.Tujuan penelitian yaitu “untuk mengetahui hasil belajar materi gerak dasar lompat jauh melalui modifikasi alat ban sepeda dan kardus”. Permasalahan penelitian adalah   “untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar materi gerak dasar lompat jauh melalui modifikasi alat ban sepeda dan kardus?” Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SDN XVI Margahayu Bekasi dengan total seluruh sampel berjumlah 36 siswa dari kelas 5 tahun ajaran 2017/2018Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindak kelas (PTK), dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut : (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, (4) tahap refleksi. Hasil penelitian ini  dapat disimpulkan bahwa : Instrumen ini di buat oleh peneliti sendiri sesuai dengan referensi dan pengamatan Berdasarkan data yang diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas V di SDN XVI Margahayu Bekasi dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata pada pra siklus adalah 68.Siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa, atau sebanyak 33 siswa belum tuntas. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 73,6. Siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dan sebanyak 21 siswa yangbelum tuntas. Nilai rata-rata pada siklus II adalah 78,5. Siswa yang tuntas sebanyak 32 siswa, dan sebanyak 4 siswa yangbelum tuntas.

 

Kata-kata kunci:Hasil Pembelajaran, modifikasi alat ban sepeda dan kardus.


Full Text:

PDF

References


Abdoelah, Arma (1981). Olahraga Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Sastra Hudaya

Bahagia, Yoyo., dan Sufyar Mujianto. 2010. Fasilitas Dan Perlengkapan Penjas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Bahagia, Yoyo. 2000. Modul 2 Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung : FPOK UPI. Online : http://file.upi.edu/Direktori/F - FPOK/Jurusan Pendidikan Olahraga/194903161972111 - Yoyo Bahagia/Modul Fasilitas & PP (Modul)/M-4.pdf . (8 februari 2011)

Ballesteros, JM. (1979). Pedoman Dasar Melatih Atletik. Jakarta: PB PASI

Engkos, Kosasih. (1987). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Penerbit Erlangga, Jakarta

Edy Purnomo. 2007. Pedoman Mengajar Daser-Dasar Atletik.Yogyakarta. FikUNY

Eddy Purnomo & Dapan. (2011). Dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta. Alfamedia

Cahyo, Agus N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta: DIVa Press

Djumidar. (2001.) Dasar-Dasar Atletik, Jakarta : Depdiknas

Guthrie, Helen dan Picciano Mary Frances. 1995. Human Nutrition. Missouri : Mosby-Year Book

Hendrayana, Yudy. 2013. Bermain Atletik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kadir, Adul. & Fauzi, Ahmad. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: KENCANA

Muller Harald & Riztsdolf, Wolfgang. 2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar Level-i. Jakarta: Staf Sekertaiat I.A.A.F

Rahmani, Mikanda.2014. Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas

Samsudin. 2012 . Asas Dan Filsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta

Siregar Eveline & Nara, Hartini.2010.Teori Belajar Mengajar. Bogor: Ghalia Indonesia

Syarifudin, Tatang dan Kurniasih. 2008. Filsafat dan Pendidikan. Bandung: Percikan Ilmu.

Wiarto, Giri. 2015. Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.