HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENJASKES KELAS X DI SMA SEKOLAH RAKYAT BABELAN – BEKASI

Muflikhul Fajri

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran penjaskes kelas X di SMA Sekolah Rakyat Babelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik dan dengan pendekatan korelasi. Penulis menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil sampel secara acak sebanyak 67 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu dengan menggunakan angket sebanyak 26 butir pertanyaan/pernyataan untuk mengetahui motivasi belajar dan menggunakan test (nilai rapot) mata pelajaran penjaskes kelas X di semester 1 untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah koefisien korelasi product moment dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian, dapat diperoleh nilai koefisien korelasi rxy=0,84 dan koefisien determinasi KD=70,56%. Dan dari pengujian hipotesis diketahui bahwa thitung=12,,47 dan ttabel=1,668, yang berarti bahwa thitung˃ttabel ( t hitung lebih besar dari t tabel ).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan kuat antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran penjaskes kelas X di SMA Sekolah Rakyat Babelan – Bekasi.

Kata kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Peserta Didik.


Full Text:

PDF

References


Alya, Q. (2009). Kamus Bahasa Indonesia. Bandung : CV Wacana Prima.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Budiono. (2010). Kamus Bahasa Indonesia Baku. Surabaya : ALUMNI.

Djamarah, S Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : RinekaCipta.

Diyono. (2014). Rumus Gampang Statistika. Jakarta : Pustaka Makmur.

Lestari S, S dkk. (2013). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Unindra Press.

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Siregar, E dan Hartini Nara. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Slameto. (2005). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2011). Langkah dan Prosedur Penelitian. Bekasi : Binamitra Publishing.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Uno, Hamzah B. (2007). Model Pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif & Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. (2007). Orientasi Baru dalam Psikologi Perkembangan. Jakarta : Bumi Aksara.

Peraturan Perundangan

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Penddikan Nasional.

Skripsi

Handayani, Rita. ( 2010). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X dan XI IPS SMAN I Minggir Sleman Tahun Ajaran 2009/2010. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugraheni, Restu Dwi. (2009). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IS SMAN I Depok Sleman Tahun Ajaran 2007/2008. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.