IMPLEMENTASI PENDEKATAN LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DI KELAS IV SD NEGERI PAYA PEUNAGA

Febry Fahreza, Junikar Junikar

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan lesson study terhadap karakter siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IVB SD Negeri Paya Peunaga, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan pendekatan lesson study pada siswa kelas IVB SD Negeri Paya Peunaga, sebagai upaya menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah IV/B SD Negeri Paya Peunaga sebanyak 28 (dua puluh delapan) siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data adalah Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display). Dari hasil penelitian ditemukan terdapat penerapan pendekatan lesson study terhadap karakter disiplin dan tanggung jawab siswa memiliki dampak positif dalam meningkatkan terhadap karakter disiplin dan tanggung jawab siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu sebelum perbaikan (14,28%), siklus I (64,28%), siklus II (85%). Jadi kesimpulan pembahasan adalah penerapan pendekatan lesson study memiliki dampak positif terhadap kerjasama antara siswa, hal ini ditunjukkan adanya tanggung jawab dalam kelompok dimana siswa yang lebih mampu mengajari temannya yang kurang mampu.

 

Kata kunci: Pendekatan Lesson Study, Karakter

Full Text:

PDF

References


Bogdan, 2012, Pengantar Studi Penelitian, Bandung: Alfabeta

Fathurrohman, 2013, Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung: RefikaAditama

Fahreza, F dan Rahmi, R, 2018 Peningkatan keterampilan sosial melalui metode role playing pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik. Volume 5 No 1 ISSN :2355-3774. Tahun 2018

Moleong, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja. Rosdakarya

Sukirman, 2006, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: UPI PRESS

Saiful Anam, 2009, Jangan Meremehkan Taman Kanak-Kanak Taman Yang Paling Indah, Solo: Wangsa Jatra Lestari

Hendrayana, 2007, Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif, Bandung: UPI PREES

Purwanto, 2009, Evaluasi Hasil Belajar, Surakarta: Pustaka Belajar

Rusman, 2010, Model-model Pembelajaran, Bandung: Mulia Mandiri Press

Samani, 2012, Pendidikan karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya

Susanto, 2013, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D, Bandung. Alfabeta.

_______, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.