PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SDN 4 BANDA ACEH

Agus Kistian

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa,. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Banda Aceh yang berjumlah 50 siswa, sedangkan teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling semua populasi dijadikan sebagai sampel. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar yang diberikan secara essay sebanyak 10 soal. Teknik pengolahan data menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi hasil  belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari nilai tersebut diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,11  > 1,67, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) siswa dapat mencapai  ketuntasan hasil belajar pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 4 Banda Aceh.

 

Kata Kunci : Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Matematika


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah Bahri, S dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto dan Rahardjo, M. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogayakarta: Grava Media

Haris. 2011. Kesulitan Siswa pada Materi Konsep Pecahan di Kelas IV SDN 62 Banda Aceh. Skripsi Banda Aceh: Fkip Unsyiah

Hamalik, O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara 2010. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hanafiah, 2010. Menjadi Guru Profesonal. Bandung: Rosda.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Primadi. 2011. Prestasi Belajar dan Ketuntasan Hasil Belajar. Jakarta: UNESA

Sudjana. 2010. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.