MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 5 MEUREUBO

Arief Aulia Rahman

Abstract


Abstrak : berdasarkan hasil observasi di SMPN 5 Meureubo ternyata prestasi belajar siswa masi kurang. Nilai ulangan siswa yaitu 60, sehingga tidak mencapai KriteriaKetuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan disekolah yaitu 72. Salah satu penyebabnya adalah gur lebih banyak menggunakan pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti mengimplementaskan CTL dengan bantuan alat peragasehingga prestasi belajar siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  prestasi belajar siswa pada pembelajaran bangun  ruang sisi datar  melalui implementasi CTL dengan bantuan alat  peraga dan untuk meningkatkan aktivitas  belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar  melalui implementasi CTL berbantu alat peraga pada siswa kelas VIII SMPN 5 Meureubo. Penelitian ini menggunakan  pendekatan  kualitatif.  Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah  penelitian tindakan kelas (PTK).  Subjek  dalam  penelitian  ini adalah  seluruh siswa kelas  VIII SMPN 5 Meureubo yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan datanya meliputi:  Observasi, Tes dan Angket. Teknik analisis data  dengan menggunakan rumus  persentase. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: lembar tes, lembar observasi guru dan siswa, dan angket. Penelitian dilaksanakan sampai dua siklus. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh persentase hasil belajar siswa pada siklus I yaitu: 68,75% siswa yang tuntas atau telah memahami pembelajaran yang dilakukan dan 31,25% siswa yang belum tuntas dikarenakan belum sepenuhnya mengerti pada pembelajaran yg dilakukan dengan mengunakan alat peraga. Pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa mencapai 87,5% hampir seluruh sswa dapat memahami pembelajaran yang menggunakan alat peraga dengan mengimplementasikan CTL  dan 12,5% siswa yang belum tuntas dikarenakan siswa belum memahami pembelajaran yang telah diberikan

 

kata kunci : Aktivitas, prestasi belajar, Contekstual Teaching and Learning (CTL)

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., (2010). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktek. (edisi revisi). Jakarta. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar., (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar., (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Masnur., (2007). Sertifikasi Guru munuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Rahman, Arief Aulia. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP N 3 Langsa, MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 4(1), 26-27

Riyanto, Yatim., (2009). Paradigma Baru Pembelaharan. Surabaya: Kencana Predana Media Group.

Ruseffendi., (1992). Materi Pokok Pendidikan Matematika 3. Jakarta:Depdikbud


Refbacks

  • There are currently no refbacks.